Selasa, 20 Januari 2009


Motto
Wiyata Hangreksa Gapuraning Nagara
Didirikan
1957
Jenis
Universitas negeri
Rektor
Prof.Dr.dr. Soesilo Wibowo,MS.Med, SP And
Lokasi
Semarang, Indonesia
Situs resmi
www.undip.ac.id
Universitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatan UNDIP, adalah sebuah universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP.

Fakultas
Universitas Diponegoro memiliki 10
fakultas:
Fakultas
Hukum
Fakultas
Ekonomi
Fakultas
Kedokteran
Fakultas
Teknik
Fakultas
Sastra
Fakultas
Kesehatan Masyarakat
Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas
Peternakan
Fakultas
Perikanan dan Ilmu Kelautan
Fakultas
psikologi

Lokasi


Lokasi Universitas Diponegoro tersebar di beberapa lokasi di Kota Semarang dan Jepara dengan tanah seluas 2.009.862 m2 dengan perincian 7 lokasi kampus dan 1 lokasi perumahan dinas:
Kampus Pleburan Semarang (Fakultas Non Eksakta,
UPT Komputer, UPT Bahasa dan UPT MKU)
Kampus Tembalang Semarang (
Rektorat, Lembaga Penelitian, Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Lembaga Pengembangan Pendidikan, UPT Perpustakaan, UPT. Kemitraan dan Kewirausahaan, upt. Undip Press serta Fakultas Eksakta)
Kampus Jl. Dr. Soetomo dan Gunung Brintik
Semarang (Fakultas Kedokteran)
Kampus Jl. Kalisari
Semarang (Laboratorium Fakultas Teknik)
Kampus Jl. Ade Irma Suryani
Jepara (Lab. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan)
Kampus Mlonggo Jepara (Fakultas Kedokteran)
Kampus Teluk Awur Jepara (Fakultas Ilmu Kelautan: Lab. Kelautan, Ruang Kuliah, Asrama, Perpustakaan, Rumah Dinas, Ruang Fasilitas Selam)
Perumahan Dinas Kagok Semarang

Sejarah
Pendirian Universitas Diponegoro dirintis mulai pertengahan tahun
1956 diawali dengan pendirian Yayasan Universitas Semarang. Adapun tokoh-tokoh yang memprakarsai berdirinya Universitas Semarang ialah Mr. Imam Bardjo, Mr. Soedarto, Mr. Dan Sulaiman dan Mr. Soesanto Kartoatmodjo.
Secara resmi Universitas Semarang dibuka pada tanggal
9 Januari 1957. Mengingat usia yang masih sangat muda dengan prasarana pendidikan yang masih sangat terbatas maka saat itu baru dapat dibuka institusi-institusi pendidikan Akademi Administrasi Negara dengan Dekan pertama Mr. Goenawan Goetomo, Akademi Tata Niaga dengan Dekan pertama Drs. Tjioe Sien Kiong, Akademi Teknik yang kemudian menjadi Fakultas Teknik dengan Dekan pertama Prof. Ir. Soemarman.
Pada upacara
Dies Natalis ketiga Universitas Semarang pada tanggal 9 Januari 1960 Presiden R.I. Dr. Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi UNIVERSITAS DIPONEGORO, sebagai, penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasi dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah. Universitas (swasta) Diponegoro dinyatakan sebagai Universitas Negeri, terhitung mulai tanggal 15 Oktober 1960. Tanggal inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi Universitas Diponegoro. Pada waktu itu fakutas-fakutas yang telah berdiri adalah Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat; Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik dan Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan.

Sumber daya manusia
Saat ini, UNDIP didukung oleh sumber daya manusia yang cukup bermutu. Pada
September 1998, UNDIP telah memiliki 1750 staf akademik dan 1065 staf administratif. Pada akhir September 1998, jumlah mahasiswa terdaftar adalah 24.424. Rasio pengajar dibanding mahasiswa ada di dalam angka ideal 1 : 14. Angka ini tidak termasuk dosen lepas dan paruh waktu. UNDIP menawarkan banyak jurusan. Di dalam total 10 fakultas, terdapat 21 jurusan dan 68 program studi yang relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar kampus. Dengan SDM yang potensial kini UNDIP berada di jajaran universitas ternama di Indonesia bahkan di tingkat dunia (versi Asiaweek dan THES UK)

Pers Mahasiswa

LPM Hayamwuruk
LPM Hayamwuruk adalah Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Diponegoro. Berdiri pada
16 Maret 1983. Kali pertama bernama MUTASI, tahun 1985 berganti nama menjadi Hayamwuruk. Mengelola majalah Hayamwuruk, Newsletter Hawe Pos dan juga situs berita online. Selain penerbitan, juga mengadakan kegiatan diskusi kepenulisan, bedah buku, talkshow, dengan berbagai topik aktual di kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.
Meskipun secara struktural berada di bawah dekanat, organisasi ini mampu menyajikan informasi secara kredibel dan berimbang. Untuk penerbitan, LPM Hayamwuruk tidak menerima bantuan dari dekanat maupun rektorat. Sumber dana penerbitan berasal dari dana kemahasiswaan. Dana dari fakultas (DIPA) sejumlah Rp 750ribu per semester digunakan untuk mendukung kegiatan nonpenerbitan.
Namun dana dari mahasiswa itu baru mencukupi sekitar 60% untuk penerbitan. Kekurangannya ditutup dari pemasukan iklan, penjualan sebagian majalah (untuk mahasiswa Sastra Undip gratis) dan swadana pengelola. Untuk itu, LPM Hayamwuruk menerima kerjasama dengan berbagai pihak, baik untuk pemasangan iklan di majalah, newsletter maupun situs online, dan juga kerjasama nonpenerbitan seperti diskusi, bedah buku, pelatihan kepenulisan dan lain sebagainya.
LPM Hayamwuruk mendapat anugrah dari ISAI (Institut Arus Stusi Informasi) sebagai nominator pertama pers alternatif terbaik tahun 1997 diikuti majalah mahasiswa Balairung (UGM) dan koran kampus Warta Ubaya (IKIP Surabaya, sekarang jadi Universitas Negeri Surabaya). Kriteria penilaian meliputi tema yang digarap, kedalaman berita, narasumber dan keseimbangan berita.
Di awal Januari 2005 LPM Hayamwuruk mengadakan Workshop Jurnalisme Sastrawi Pers Mahasiswa se-Indonesia. Kegiatan ini diikuti 30 pengelola pers mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang telah diseleksi terlebih dahulu untuk mendapatkan beasiswa mengikuti pelatihan selama seminggu di hotel Dibya Puri, sebuah hotel tua di sekitar kompleks Kota Lama Semarang. Kegiatan ini didukung Yayasan Tifa sebagai penyandang dana, Yayasan Pantau yang mengirimkan istruktur, ISAI dan sejumlah media cetak dan elektronik baik lokal maupun nasional. Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini didirikan komunitas diskusi jurnalisme sastrawi.
Alamat redaksi LPM Hayamwuruk: Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Fakultas Sastra Universitas Diponegoro (FS Undip), Jalan Hayam Wuruk no 4, Kode Pos 50241, Semarang, Jawa Tengah.

LPM Manunggal
LPM Manunggal Universitas Diponegoro adalah Lembaga Pers yang tertua, berdiri pada Agustus
1980.

1 komentar:

Habibi mengatakan...

Nice blog.

Visit ittelkom-sby.ac.id